Loading...

bidang akademik

Prosedur Operasi Standar Bidang Akademik

PROSEDUR OPERASI STANDAR  BIDANG AKADEMIK

A. Tujuan

Prosedur Operasi Standar (POS) bidang akademik fakultas psikologi bertujuan memberikan pedoman baik bagi penyelenggaraan administrasi di bagian akademik maupun mahasiswa yang memerlukan layanan tersebut.

B.  Ruang Lingkup

POS akademik memuat pedoman secara rinci tentang persiapan, pelaksanaan, pemantauan, dan pelaporan akademik kegiatan-kegiatan akademik, meliputi:

  1. Pengambilan Cuti Kuliah
  2. KRS
  3. KKL
  4. Pengajuan Pembimbing Skripsi
  5. Perubahan Judul Skripsi
  6. Perpanjangan Masa Bimbingan Skripsi
  7. Penggantian Dosen Pembimbing Skripsi
  8. Pendaftaran Munaqasah, Wisuda dan Pengambilan Ijazah

 

MANUAL PROSEDUR BAGIAN AKADEMIK

1.

Judul

:

 Pengambilan Cuti Kuliah

2.

Tujuan

:

 Agar tertib secara administrasi dan memiliki data tentang mahasiswa yang cuti kuliah

3.

Referensi

:

 Buku Pedoman Akademik 2010

4.

Pihak-pihak terkait

:

 Rektor, Kepala Biro AAK, Dekan dan Bagian Keuangan

5.

Dokumen

:

 Bukti pendaftaran sebagai mahasiswa sebelum cuti, KHS, Surat persetujuan dosen pembimbing akademik

6.

Prosedur

:

  1. Mahasiswa mengajukan surat permohonan cuti kuliah kepada rector c.q. Kepala Biro AAK
  2. Terbit surat keputusan cuti
  3. Membayar uang administrasi cuti
  4. Surat keputusan cuti dan bukti pembayaran ditembuskan ke Dekan dan bagian keuangan


  MANUAL PROSEDUR SUB BAGIAN AKADEMIK  

1.

Judul

:

 Kartu Rencana Studi (KRS)

2.

Tujuan

:

 Membuat rencana studi

3.

Referensi

:

 Buku Pedoman Akademik

4.

Pihak-pihak terkait

:

 Bagian Keuangan, Dosen Penasehat Akademik, Bagian Akademik Fakultas

5.

Dokumen

:

Bukti pembayaran SPP

6.

Prosedur kerja

:

  1. Mahasiswa melakukan validasi  matakuliah yang dapat diambil sesuai dengan perolehan IP/IPK dan matakuliah prerequisite
  2. Mahasiswa melakukan validasi keuangan di bagian keuangan
  3. Melakukan Pengisian KRS dengan arahan dari dosen penasehat akademik
  4. Meminta tanda tangan bagian akademik Fakultas

MANUAL PROSEDUR SUB BAGIAN AKADEMIK

1.

Judul

:

 Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

2.

Tujuan

:

 Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk dapat mempelajari materi kuliah langsung di lembaga-lembaga terkait

3.

Referensi

:

 Buku Pedoman KKL 

4.

Pihak-pihak terkait

:

Lembaga terkait, Ketua bagian, Dosen Pembimbing dan Mahasiswa

5.

Dokumen

:

KHS, Surat Permohonan KKL dari Fakultas, Surat Penerimaan KKL dari Lembaga

6.

Prosedur kerja

:

1.      Mahasiswa menunjukkan bukti KHS telah menyelesaikan perkuliahan minimal 120 SKS

2.      Mahasiswa mengajukan permohonan KKL kepada Ketua Bagian sesuai peminatannya

3.      Ketua bagian melakukan kerjasama dengan lembaga terkait dan mengatur penyelenggaraan KKL dengan mengirimkan surat permohonan KKL pada Lembaga

4.      Terbit surat jawaban dari Lembaga kepada Ketua Bagian

5.      Ketua bagian mengatur penyelenggaraan KKL

 

MANUAL PROSEDUR BAGIAN AKADEMIK

1.

Judul

:

 Pengajuan Proposal dan Permohonan Pembimbing Skripsi

2.

Tujuan

:

 Agar mahasiswa memperoleh pembimbing yang sesuai dengan tema   skripsinya

3.

Referensi

:

 Buku Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Psikologi 2010

4.

Pihak-pihak terkait

:

 Pembantu Dekan Bidang Akademik, Ketua Bagian, Akademik Fakultas dan Mahasiswa

5.

Dokumen

:

 Proposal Skripsi, Lembar persetujuan dari pembimbing seminar proposal dan fotocopy nilai seminar proposal

6.

Prosedur

:

  1. Mahasiswa mengajukan surat permohonan persetujuan judul dan pembimbing skripsi kepada Pembantu Dekan Akademik melalui Ketua Bagian
  2. Ketua Bagian bersama Pembantu Dekan Akademik membahas judul skripsi dan proposal skripsi
  3. a. apabila judul dianggap layak, ditetapkan dosen pembimbing

b. apabila judul dan bagian-bagian utama dari proposal skripsi tersebut (seperti subjek penelitian dan atau aspek metode penelitian) dianggap kurang memadai, proposal tersebut dikembalikan kepada mahasiswa untuk diperbaiki.

c. proposal perbaikan dapat diajukan kembali melalui ketua bagian sampai mendapat persetujuan judul dan penetapan dosen pembimbing skripsi

  1. Terbit surat untuk pembimbing skripsi dari bagian Akademik Fakultas

MANUAL PROSEDUR BAGIAN AKADEMIK

1.

Judul

:

 Perubahan Judul Skripsi

2.

Tujuan

:

 Agar tertib secara administrasi dan memiliki data tentang mahasiswa skripsi mahasiswa

3.

Referensi

:

 Buku Pedoman Akademik

4.

Pihak-pihak terkait

:

 Pembimbing Skripsi, Mahasiswa, Bagian Akademik

5.

Dokumen

:

 Surat persetujuan perubahan judul skripsi yang ditandatangi pembimbing skripsi

6.

Prosedur

:

  1. Setelah melalui proses pembimbingan skripsi dan mengalami perubahan judul, mahasiswa membuat surat perubahan judul skripsi kepada pembantu dekan bidang akademik yang ditandatangi pembimbing skripsi
  2. Surat diberika pada bagian akademik
  3. Bagian akademik mengubah judul skripsi dalam data skripsi mahasiswa

 MANUAL PROSEDUR BAGIAN AKADEMIK

1.

Judul

:

 Perpanjangan Masa Bimbingan Skripsi

2.

Tujuan

:

 Agar tertib secara administrasi dan memiliki data tentang mahasiswa yang memperpanjang masa bimbingan skripsi

3.

Referensi

:

 Buku Pedoman Akademik

4.

Pihak-pihak terkait

:

 Dosen pembimbing skripsi, mahasiswa, dan bagian akademik

5.

Dokumen

:

 Bukti persetujuan pembingan skripsi untuk memperpanjang masa bimbingan skripsi

6.

Prosedur

:

  1. Mahasiswa mengajukan surat permohonan perpanjangan masa bimbingan skripsi ke Pembantu Dekan Bidang Akademik berdasarkan rekomendasi dari dosen pembimbing skripsi
  2. Mahasiswa memberikan surat tersebut ke bagian akademik fakultas
  3. Terbit surat perpanjangan masa bimbingan skripsi