pengumuman

Beasiswa Ke Australia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Australia menambah porsi beasiswa bagi warga Indonesia. Mulai hari ini, warga Indonesia yang berminat untuk belajar ke negeri kanguru itu bisa mendaftar beasiswa putaran baru yang memberikan jatah 350 beasiswa untuk belajar S2 dan S3 di Australia.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer, mengatakan naiknya jumlah Australian Development Scholarship merupakan bukti kuat komitmen untuk mencapai tujuan jangka panjang pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

''Pemerintah Australia akan menaikkan jumlah beasiswa per tahun untuk Indonesia dari 300 hingga 500 pada tahun 2014. Ini merupakan bukti adanya bakat nyata di Indonesia dan kemitraan yang kuat antara Australia dengan tetangga terdekatnya,'' ujar Farmer dalam rilis yang diterima Republika, Senin (7/6).

Bidang studi yang didukung melalui beasiswa ini akan dikaji ulang setiap tahunnya berdasarkan kebutuhan pembangunan Indonesia. Tahun 2011 akan mencakup bidang manajemen ekonomi, kesehatan, pendidikan, demokrasi dan keadilan, serta keamanan dan perdamaian.

Paling tidak setengah dari beasiswa Australia akan dialokasikan untuk perempuan dan hingga 30 persen untuk mereka yang berada di provinsi-provinsi prioritas yaitu dari Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, dan Aceh.

Pendaftaran untuk putaran 2011 akan ditutup pada tanggal 27 Agustus 2010. Bagi yang berminat bisa kunjungi www.adsindonesia.or.id atau www.australianscholarships.gov.au.